Indonesia gak hanya kaya akan suku dan budayanya, tetapi juga kaya akan kulinernya. Salah satu kuliner yang banyak sekali kita jumpai di setiap daerah di Indonesia adalah Soto. Makanan ini memang menjadi makanan khas di beberapa daerah di Indonesia, sebutlah Soto Makasar, Soto Lamongan, soto Betawi, soto Kudus, Soto Padang dan Soto Medan. Makanan yang bahan utamanya terdiri dari daging, sayur, dan kuah kaldu ini disetiap daerah punya bumbu dan cara penyajiannya tersendiri.  Nah, pada kesempatan ini saya mau  mereview sebuah rumah makan khusus untuk menikmati soto legendaris khas Medan, yaitu Soto Kesawan.

Soto Kesawan Medan

Soto Sekawan sudah menjadi ikon kuliner kota Medan, karenanya gak lengkap rasanya jika jalan-jalan di kota Medan jika tidak singgah menikmati Soto Kesawan ini. Soto ini berada pusat kota Medan, yaitu di jalan Ahmad Yani nomor 116, kelurahan Kesawan, Medan Barat, kota Medan, Sumatra Utara. Di sebut soto Kesawan karena dulu nama jalannya adalah jalan Kesawan, sebelum akhirnya berganti nama menjadi jalan Ahmad Yani.

Soto Kesawan sudah ada kurang lebih sejak tahun 1950. Dulunya hanya menumpang berjualan di depan ruko Kopi Oemoem, hingga pada 2013 Kopi Oemoem tutup dan ruko tersebut dibeli oleh Soto Kesawan. Saat ini Soto Kesawan sudah mempunyai cabang di jalan Merak, jalan Surabaya dan di Brastagi Supermarket Tiara, jalan Cut Mutia. Soto Kesawan di jalan Ahmad Yani inilah rumah makan utamanya.

soto kesawan

Beberapa waktu lalu saya singgah di Soto Kesawan jalan Ahmad Yani. Tempatnya di salah satu ruko yang berada di depan rumah Tjong A Fie Mansion. Rukonya gak terlalu besar dan memanjang ke belakang. Tempat parkir pun terbatas di tepi jalan. Di dalam ruko, ada sekitar 13 meja yang masing-masing mempunyai 2-4 kursi. Ruangannya tidak berAC, melainkan ada kipas angin sebagai penyejuk. Begitu kita duduk, kita akan langsung di datangi pelayan yang dengan ramah menanyakan pesanan kita.

Baca juga : Bolu Toba Medan, Kini Hadir di Merdeka Walk

soto kesawan

Menu Soto Kesawan

Soto Kesawan mempunyai berbagai pilihan soto. Bedanya terletak pada isian soto, ada soto isian ayam, daging, paru dan udang. Jika mau di campur bisa juga, misalnya ayam dengan udang atau daging dengan paru. Untuk harganya, gak terlalu mahal, yaitu kisaran 23K untuk soto ayam dan 28K untuk soto udang. Harga tersebut sudah termasuk 1 piring nasi.

soto kesawan

Untuk kali ini, saya memesan soto ayam. Pelayanannya cukup cepat, karena gak lama setelah saya pesan, soto sudah terhidang di meja. Selain semangkuk soto ayam dan sepiring nasi, ada juga sambal hijau, irisan jeruk nipis beserta makanan pendamping seperti telur rebus, sate kerang, kue bugis, kacang goreng dan kerupuk. Semuanya menarik untuk dicoba.

soto kesawan

Wah, rasa sotonya gurih dan potongan ayamnya lembut. Santannya gak terlalu pekat sehingga rasanya ringan dan nyaman di lidah. Kalau dilihat memang tampilannya agak pucat, tapi rasanya sangat sedap. Oiya, untuk harga akan menyesuaikan dengan apa yang kita makan dan pembayaran di kasirnya secara cash.

Baca juga : Segar! Avocado Coffee Float ala Kafe Kopi Massa Kok Tong Lim Ming Siantar

Sahabat lasak, saran saya sebaiknya datang jangan saat jam makan siang, bisa lebih awal atau setelahnya, supaya gak menunggu dan terlalu ramai. Kalau kamu mager, bisa juga kok menikmatinya di rumah dengan pesan melalui aplikasi makanan online, seperti Grabfood atau Gofood. Yuklah nikmati Soto Kesawan, soto legendaris khas Medan.

Lokasi :

SOTO KESAWAN
📍Jl. Ahmad Yani No 116
Kelurahan Kesawan, Medan Barat
Kota Medan, Sumatra Utara
INDONESIA 🇮🇩

Medan, Senin 27 Desember 2021

“Tetap sehat supaya kita bisa makan-makan enak”

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131