Naek kereta pergi ke Lampung
Kereta berjalan melewati hutan
Sungguh sedap si Labakh Jagung
Membuat lupa akan sang mantan
Aduheee…!!!

Kamu mudik gak lebaran kemarin? Hayo ngaku… pulang kampung atau mudik? Gak perlu berdebat ya, katanya sih kalau kamu mudik, bakalan susah untuk balik lagi hehe. Bagi yang gak mudik, kita sama. Rindu sekali rasanya. Tapi apalah daya, silaturahmi dari rumah saat pandemi seperti ini memang jalan terbaik.

Salah satu cara saya mengobati rasa rindu dengan emak di kampung adalah dengan membuat masakan yang biasa ia buat. Hidangan buatan emak yang menjadi pavorit saya adalah Labakh. Susah gak sih kamu mengucapkannya? Bahasa Lampung memang mirip dengan bahasa Perancis, kami mengucapkan “R’ dengan “KH” hehe.

Sahabat lasak, hampir semua orang Lampung Kalianda, pandai loh membuat labakh. Saking seringnya membuat labakh, jadi tidak perlu lagi takaran khusus. Semua pakai kira-kira. Tapi rasanya jangan ditanya, paten kali ๐Ÿ‘๐Ÿคฃ.

Labakh ini masakan yang fungsinya seperti acar. Jadi sebagai teman nasi dan lauk. Ada dua macam labakh berdasarkan bahan utamanya, yaitu labakh kulit melinjo dan labakh jagung. Berhubung kulit melinjo tidak pernah saya temukan di kota Medan, jadi saya membuat Labakh Jagung.

Baca juga : Keseruan di Ujong Batee Puteh

Labakh Jagung

Sahabat lasak, membuat labakh jangung ini gampang banget. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Tentunya akan disukai emak-emak karena gak pake mahal. Biar kamu gak kelamaan kepo, yuk langsung kita bahas bahan dan cara membuatnya.
๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Bahan – bahannya :
– Jagung muda 2 buah
– Cabe merah 5 buah
– Bawang merah 6 siung
– Asam jawa +- 2 sendok makan
– Gula pasir 1 sendok makan
– Garam setengah sendok makan
– Airย matang 3/4 – 1 gelas.


Jagung Utuh


Jagung Kupas


 

Jagung Bakar


Jagung Iris


Sahabat lasak, membuat Labakh Jagung khas Lampung ini gak perlu waktu lama. Kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya, sebagai berikut :
๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Cara Membuatnya :
–ย  Kupas jagung, bersihkan dan panggang dalam api sedang.
– Jika sudah matang, iris jagung dan letakkan dalam mangkuk.
– Sambil menunggu jagung matang, kita bisa membuat bumbu kuahnya.
– Bumbu kuah : ulek halus cabe merah, bawang merah, asam jawa, gula dan garam. Lalu tambahkan air dan aduk hingga merata.
– Tuangkan bumbu kuah dalam irisan jagung tadi, lalu diaduk-aduk sampai bumbu kuah dan jagung tercampur rata.
– Koreksi rasanya, jika sudah pas diamkan sejenak agar bumbu meresap
– Labakh Jagung siap dihidangkan.


Bumbu Labakh Jagung


Bumbu Sudah di Ulek


Bumbu Jadi


Note
Resep ini untuk porsi 2-4 orang.

Oiya sahabat lasak, bumbu-bumbu tadi bisa disesuaikan dengan selera ya. Misalnya suka pedas, makan bisa di tambahkan cabe. Cabe rawit juga bisa loh. Trus kalau kamu suka manis, tinggal tambah gula. Atau yang gak suka terlalu asam, asam jawanya dikurangi. Jadi fleksibel saja. Lalu bagaimana jika menggunakan bahan kulit melinjo? Prosesnya sama saja, yaitu kulit melinjonya dipanggang. Supaya mudah memanggannya, kulit melinjo ditusuk sate dulu dengan menggunakan lidi.

Baca juga : Nasi Goreng Mengkudu, Ternyata Gampang & Enak

Selamat Mencoba

Bagaimana sih rasanya?
Rasa labakh jagung ini nano-nano ya, ada rasa asam, manis, pedas dan gurih. Seger banget. Kalau saya, makan labakh jagung ini cukup dengan nasi putih. Jadi tidak perlu lauk lain. Tapi jika boleh saran, labakh jagung ini cocok banget dipadukan dengan lauk ikan bakar. Jadi si ikan bakar bisa langsung dicocol ke kuah labakh. Nasi, Labakh dan ikan bakar adalah perpaduan yang mantap jiwa. Selamat mencoba ๐Ÿ‘๐Ÿ˜



Kamis, 04 Juni 2020

” Selama pandemi virus Covid-19, jangan lasak dulu ya, di rumah lebih baik”

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger




 



Follow Meย :
Steemitย @kakilasak
Facebookย Kaki Lasak
Instagramย kaki lasak
Website :ย kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131