Berwisata ke Taman Safari Indonesia (TSI), bisa di bilang my dream. Sejak kecil saya ingin sekali berkunjung ke sana. Kebayang betapa serunya melihat berbagai satwa di alam bebas dan bisa menyaksikan berbagai atraksi binantang yang lucu. Akhirnya tahun 2019 lalu, my dream come true., saya berkesempatan untuk join group teman-teman saya, berwisata ke Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.

taman safari

Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor

Taman wisata keluarga ini berada di desa Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, atau lebih dikenal dengan Kawasan Puncak Bogor. Lokasinya di ketinggian 900-1800 MDPL, merupakan penyangga gunung Gede Pangrango. Tentunya kawasan ini sangat sejuk dan asri. Taman Safari Indonesia awalnya sebuah perkebunan kina seluas +-50 hektar yang sudah tidak produktif lagi. Pada tahun 1980 Taman Safari Indonesia mulai di bangun dan ditetapkan sebagai sebagai Objek Wisata Nasional oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang saat itu dijabat oleh bapak Soesilo Soedarman. Kemudian pada tanggal 16 Maret 1990, bapak Hasjrul Harahap yang menjabat sebagai menteri Kehutanan, menjadikan Taman Safari Indonesia sebagai pusat penangkaran satwa langka di Indonesia. Sekarang TSI, Cisarua Bogor memiliki seluas +- 168 hektar dan mempunyai -+ 2.500 satwa , baik satwa asli Indonesia maupun satwa dari luar negara.

taman safari

Baca juga : 14 Destinasi Wisata Sehari Keliling Pulau Samosir

Safari Tour Taman Safari Indonesia

Begitu sampai di lokasi, leader rombongan kami langsung mengurus ticketing. Berikut ini update list harganya :

Tiket Weekday
Domestik :
– Lebih dari 6 tahun : Rp. 210.000,-
– Kurang dari 5 tahun : Rp. 180.000,-
International :
– Lebih dari 6 tahun : Rp. 400.000,-
– Kurang dari 5 tahun : Rp. 350.000,-

Tiket Weekend & Holiday
Domestik :
– Lebih dari 6 tahun : Rp. 250.000,-
– Kurang dari 5 tahun : Rp. 220.000,-
International :
– Lebih dari 6 tahun : Rp. 400.000,-
– Kurang dari 5 tahun : Rp. 350.000,-

Just info, untuk ticketing online bisa kita pesan pada tautan ini 👉 TICKETING LINK

Agenda pertama yang kami ikuti adalah Safari Tour Taman Safari Indonesia. Kami tour dengan bus yang kami sewa. Tour ini harus menggunakan mobil pribadi, tapi buat kamu yang datang dengan kendaraan bermotor, kamu bisa tour berkeliling dengan mobil loreng gratis yang disediakan TSI. Selama tour kita bisa memberi makan satwa tertentu, makanannya bisa kita beli di lokasi. Tetapi tetap ikuti aturan ya, karena gak semua hewan bisa kita beri makan. Beberapa hewan sangat menarik perhatian saya, diantaranya harimau, gajah, jerapah, tapir, unta dan kuda nil.

taman safari


taman safari


taman safari


taman safari


taman safari

Baca juga : Soto Kesawan, Soto Legendaris Khas Medan

Fasilitas dan Wahana Permainan

Setelah +- 45 menit Safari Tour Siang, kami melanjutkan wisata menjelajahi wahana dan permainan yang tersedia di Taman Safari Indonesia. Ada lebih dari 20 wahana permainan, 9 pertunjukan satwa dan juga 7 pameran satwa. Selain fasilitas mobil gratis, ada berbagai fasilitas TSI yang bisa kamu coba, seperti kereta mini, kincir raksasa, danau buatan, pentas sirkus, kolam renang, gajah tunggang, area gocart, bom-bom car, rumah setan dan banyak lagi.

taman safari

Bahkan Taman Safari juga memiliki area khusus untuk beberapa jenis binatang, yaitu :
Baby Zoo : Pengunjung bisa melihat dan berfoto dengan bayi-bayi hewan, seperti harimau, singa, orang hutan dan lainnya.
Taman Buaya : Ada berbagai jenis buaya yang bisa kita lihat.
Bird Aviary : Kita bisa melihat berbagai jenis burung langka.
Bird of Prey : Khusus berbagai burung elang endemik Indonesia.
Australia Outback : Di sini kita bisa melihat hewan Australia, seperti kanguru, lemur dan beberapa jenis macan tutul, puma, kicing emas dan jaguar.
Kampung Papua : Di sini tempat berbagai jenis hewan yang ada di Papua.
Komodo Dragon Island : Khusus untuk melihat komodo dan beberapa reptil lainnya.
Lorong Reptil dan Satwa Malam : Di sini kita bisa melihat berbagai reptil dan hewan malam baik dari Indonesia maupun luar negara, termasuk juga aquarium ikan arapaima.
Primata Center : Kawasan khusus primata, seperti orang utan, lutung dan juga owa.
Bahtera Penguin : Kita bisa menyaksikan penguen dan juga beruang kutub.
Anjungan : Khusus untuk hewan-hewan unik, seperti bekantan, monyet jepang, kura-kura raksasa dan lainnya.
Istana Panda : Di sini kita bisa melihat sepasang panda raksasa yang berasal dari Tiongkok, namanya Hu Chun dan Cai Tao.

Istana Panda

Untuk mencoba semua fasilitas di TSI, rasanya waktu seharian tidaklah cukup. Jadi kita pilih saja mana yang sesuai dengan waktu dan minat kita. Karena itu, saya memilih untuk berkunjung ke Istana Panda. Pengunjung yang ingin ke Istana Panda, harus naik fasilitas bus dari shelter panda. Istana Panda ini termasuk kawasan favorit yang banyak dikunjungi, jadi lumayan antri.

taman safari

Setelah sampai lokasi, tampak sebuah bangunan megah Istana Panda. Lokasinya yang berada di ketinggian gunung Pangrango membuat suasana di lokasi cukup dingin dan berkabut. Saya sempat berfoto di sky bridge dengan layar belakang tebing gunung yang asri. Sebelum melihat Panda, terlebih dahulu pengunjung masuk ke ruangan teater untuk menyaksikan film dokumenter tentang Hu Chun dan Cai Tao, sepasang Panda dari Tiongkok hingga sampai ke Indonesia.

Tibalah memasuki tempat untuk melihat panda Hu Chun (Betina) dan Cai Tao (Jantan). Pengunjung hanya bisa melihat dari tempat yang disediakan di sekitaran kandang dengan dinding kaca. Jika pengunjung mau lebih dekat, kita harus membeli tiket, kalau tidak salah harga Rp. 100K. Saya melihat panda dari kejauhan, seduanya sangat menggemaskan. Hu Chun dan Cai Tao tampak sedang asik memakan bambu, makanan kesukaan mereka. Oiya, selain panda raksasa, ada juga sepasang panda merah, yaitu Mei Mei dan Yan Yan.

taman safari


taman safari

Puas melihat panda, saya kembali masuk ke Istana Panda untuk menjelajahi toko souvenir, foodcourt, dan spot-spot instagramable. Setelah itu saya menuju taman di sekitar Istana Panda, ternyata ada juga paket berkeliling di China Garden dan Istana Panda dengan menunggangi kuda atau unta.

taman safari

Sahabat lasak, kunjungan ke Istana Panda, mengakhiri perjalanan wisata saya di Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua, Bogor. Sebagai informasi, setelah tutup karena pandemi covid-19, TSI kembali di buka sejak bulan Agustus 2021 lalu, untuk update informasi dan aktivitasnya, bisa kita pantau pada 👉Instagram Taman_Safari dan juga 👉 Website TSI & Website TSI Bogor

Jumat, 07 Januari 2022

“Lasaklah sejauh dan sebisa mungkin karena hidup bukan diam pada suatu tempat”

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131