Miso, Mieso atau Miesop, meski ejaan dan penyebutannya berbeda tapi makanan ini sama. Bagi warga Sumatra Utara, tentu makanan ini gak asing, karena bisa kita jumpai di hampir sudut kota. Barbeda dengan pendatang mungkin agak heran melihat tampilan dan rasa makanan ini, bakso bukan, soto bukan, mi rebus bukan dan mi ayam juga bukan. Miso adalah makanan berkuah, berupa mi kuning dan mihun yang di atasnya diberi suiran daging ayam lalu disiram dengan kuah sop dan taburan kerupuk merah putih. Berbeda dengan kuah sop umumnya, kuah miso ini mempunyai rasa dan aroma rempah yang khas. Selain ayam suir, biasanya tersedia tambahan bakso, ceker dan telur, sesuai permintaan kita. Menariknya lagi, miso selalu ditemani oleh makanan pendamping, yaitu sate kerang, sate jengkol, sate telur puyuh dan bargedel kentang. Salah satu kota yang dikenal sebagai tempat kulineran miso adalah Pematang Siantar. Kota yang sering disingkat dengan Siantar ini mempunyai banyak kedai miso yang enak-enak. Nah, berikut ini lima kedai miso Siantar yang wajib kamu coba jika berkunjung ke kota Pematang Siantar.

1. Miso Mesra

lima miso

Miso Mesra berada di jl. Padang Sidempuan No.37, Simarito, kecamatan Siantar Barat, kota Pematang Siantar. Gak jauh kok dengan pusat kota. Meski tempatnya sederhana, tetapi rasa misonya juara. Karenanya pengunjung kedai miso ini selalu ramai. Kuah miso Mesra warnanya bening dengan rasa kaldu dan rempah yang kuat. Begitu diberi kecap manis, saos dan sambal, maka lengkaplah rasa gurihnya. Harga 1 porsi miso Mesra hanya Rp. 11K. Kedai ini buka dari pukul 10 – 22 WIB.

2. Miso Wak Miko

miso siantar

Miso Wak Miko berada di jl. Jawa / simpang jl. Seram, Bantan, kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar. Lokasinya cukup besar karena berupa ruko. Miso Wak Miko termasuk kuliner legendaris di Siantar, karena sudah ada sejak tahun 90-an. Yang khas dari miso Wak Miko adalah selain ada ayam suir, ada juga taburan potongan tahu. Hidangan miso ditemani oleh bakwan, bakso goreng, tempe bacem dan sambal ceker. Masalah harga gak ada lawan, cuma Rp. 6K/porsi. Kedai miso Wak Miko buka sejak pukul 10 – 22 WIB.

Baca juga : Keliling Sabang Dalam Dua Hari, Ke Mana Aja?

3. Miso Lestari

miso siantar

Miso Lestari berada di jl. H. Adam Malik, Timbang Galung, kota Pematang Siantar. Lokasinya mudah dijumpai. Tempatnya di tepi jalan ramai. Tak heran jika pada jam-jam makan, jalan raya agak macet karena banyak kendaraan pengunjung parkir di tepi jalan. Miso Lestari mirip dengan miso Mesra, konon masih saudaraan. Kuahnya yang bening dengan aroma rempah yang kuat terasa segar-segar gurih. Selain kecap manis, saos tomat dan sambal, kita bisa meminta tambahan bumbu rendang. Bumbu rendang yang di masukkan ke dalam kuah miso ini menjadi favorit banyak orang. Apalagi sate kerang dan sate jengkolnya enak, dengan bumbu rendang pedas manis. Harga 1 porsi miso Lestari  hanya Rp. 12K. Kedai ini buka dari pukul 10 – 22 WIB.

4. Miso Kak Sri

miso siantar

Miso Kak Sri berada di jl. Silimakuta No.28, Simarito, kecamatan Siantar Barat, Pematang Siantar. Meski lokasinya sempit karena kedainya di depan rumah, tetapi pengunjung gak pernah sepi. Kadang calon pembeli harus menunggu tempat duduk kosong. Orang rela antri karena rasa miso Kak Sri ini sangat gurih. Kalau orang Jawa bilang, bumbu misonya  medok. Miso Kak Sri sudah puluhan tahun buka. Sama dengan kedai miso lainnya, di sini tersedia juga sate kerang, sate jengkol, telur puyuh dan bargedel kentang. Harga 1 porsi miso Kak Sri hanya Rp. 12K. Kedai ini buka dari pukul 10 – 22 WIB.

Baca juga : Kopi Susu Kelapa ala Boons Coffee Medan

5. Miso 3R

miso siantar

Kedai Mieso & Bakso 3R lokasinya gak terlalu jauh dengan Miso Lestari, yaitu di jl. Jl. H Adam Malik, Timbang Galung, kota Pematang Siantar. Kabarnya kedua kedai ini masih ada hubungan saudara. Menurut saya rasa miso keduanya mirip, bahkan cenderung sama. Bagi yang suka bakso, miso 3R menyediakan bakso ayam yang enak. Di sini juga tersedia sate kerang, sate jengkol dan bargedel kentang. Bumbu rendangnya juga disediakan jika kita ingin menambahkannya pada kuah miso. Harga 1 porsi miso Lestari  hanya Rp. 12K. Kedai miso 3R buka dari pukul 10 – 22 WIB.

Sahabat lasak, lima kedai miso di Siantar yang saya rekomendasikan tentu punya ciri khas rasa tersendiri. Silahkan anda menentukan mau coba yang mana, atau mau coba semuanya 😁👍

Kamis, 07 September 2021

“Lasaklah sejauh dan sebisa mungkin karena hidup bukan diam pada suatu tempat”

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131