Jika sedang berada di kota Pematang Siantar, gak lengkap rasanya jika belum ngopi di  kedai Kopi Kok Tong. Kopinya kental, tanpa ampas, wangi dan rasanya nikmat. Apalagi jika diseruput bareng keluarga atau sahabat diiringi alunan lagu Batak yang dibawakan oleh seniman jalanan. Ya, kota Pematang Siantar atau Siantar adalah tempat asal Kopi Kok Tong yang legendaris. Saat ini, kedai Kopi Massa Kok Tong tidak hanya populer di Sumatra Utara, tetapi sudah dikenal hingga Jakarta. Menikmati Kopi Massa Kok Tong Siantar, gak sekedar ngopi, tetapi mengenal sejarah, budaya dan keragaman di kota Pematang Siantar.

Kafe Kopi Massa Kok Tong

Keberadaan kedai Kopi Massa Kok Tong sudah hampir 1 abad dan masih ramai di tengah gempuran kedai kopi kekinian. Kedai kopi ini berada di jalan Cipto No 115, kota Pematang Siantar, Sumatra Utara. Tepatnya di persimpangan jalan Wahidin. Awal dibuka pada tahun 1925 oleh Lim Tee Kee yang berdarah Tiongkok. Beliaulah yang meracik sendiri kopinya. Mulai dari pemilihan biji kopi, menyangrai,  meracik hingga menyeduh kopi. Kok Tong sendiri diambil dari nama anak Lim Tee Kee, yaitu Lim Kok Tong, yang mengambil alih usaha pada tahun 1978.  Saat ini dikelola oleh generasi ke III, yaitu Aktiong atau Paimin Halim.

kok tong siantar

Kedai kopi ini tidak mempunyai banyak menu, yaitu hanya ada kopi hitam dan kopi susu. Pilihan sajiannya adalah kopi panas dan dingin. Sebagai teman kopi, kamu bisa memesan roti bakar. Tapi pada pagi hari, jika ingin makanan berat, di kedai ini ada juga pedagang lain yang menjual makanan yang bisa kita pesan, seperti nasi gurih, lontong sayur, nasi soto, mie gomak dan lainnya. Kedai Kok Tong ini buka dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Saya biasanya datang ke kedai Kopi Kok Tong pagi hari. Saya selalu memesan kopi O atau kopi hitam panas plus roti bakar. Suasana pagi di kedai ini sangat ramai. Pernah beberapa kali saya harus menunggu tempat duduk karena pengunjung penuh.

Baca juga : Menikmati Keindahan Pulau Keuh di Aceh Jaya

kok tong siantar

Menyeruput Kopi O Kok Tong

Saya akui, pelayanan di kedai kopi Kok Tong sangat cepat. Begitu kita duduk, langsung di datangi pelayan. Gak lama setelah selesai memesan, kopi langsung datang. Wangi aroma kopinya khas sekali. Dari pencarian informasi, kopi yang digunakan adalah kopi Robusta Simalungun. Rahasianya mungkin pada racikan dan alat yang digunakan untuk menyeduh kopi yang masih tetap sama. Soal harga, bisa dibilang sangat ramah di kantong, yaitu hanya 8.500 rupiah untuk segelas kopi.

Baca juga : Lima Miso Siantar yang Wajib Kamu Coba

kok tong siantar

Gak Sekedar Ngopi

Berada di kedai Kopi Massa Kok Tong Siantar gak hanya sekedar ngopi. Kedai ini adalah wadah silaturahmi dan nostalgia. Berbagai etnis dan suku bisa kita jumpai di kedai ini. Tua, muda, anak-anak, lelaki dan perempuan semua berkumpul tanpa ada batasan. Bagi orang Siantar yang merantau, kedai kopi ini sering dijadikan tempat berkumpul dengan sahabat lama. Sesekali terdengar suara tawa riang dari obrolan hangat pengunjung. Tak jarang pula pengunjung ikut bernyanyi bersama pengamen jalanan yang menyanyikan lagu Batak dengan suaranya yang merdu. Suasana inilah yang selalu dirindukan pengunjung. Jadi kapan kamu datang ke kota Siantar untuk menyeruput kopi Kok Tong di tempat asalnya? 😀✌️

kok tong siantar

Senin, 04 Oktober 2021

“Lasaklah sejauh dan sebisa mungkin karena hidup bukan diam pada suatu tempat”

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131