“Pergi menjala ke pulau Reusam”

“Perahu didayung kanan dan kiri”

“Paling sedap si sambal asam”


“Penyemangat di pagi hari”

Apa jadinya jika makan gak ada sambal. Bagi saya makan gak lengkap kalau gak ada sambal. Sebagai pencinta sambal, saya sering hunting sambal khas daerah yang saya kunjungi. Ada sambal yang langsung cocok di lidah saya, ada juga yang harus penyesuaian karena rasanya agak asing. Salah satu sambal yang baru saya coba dan langsung suka adalah Sambal Asam.

 

Sambal Asam

Menu ini saya dapat dari sebuah grup masak Malaysia di media sosial. Dari videonya, bahan yang digunakan sederhana dan cara membuatnya pun mudah. Saya sampai ngences melihatnya. Konon sambal asam ini sambal kampung yang resepnya diwariskan turun temurun. Sehingga sampai saat ini, menu ini tetap populer. Bahkan ada yang di jual dalam kemasan botol.

Sambal asam bentuknya cair. Layaknya sambal,  sambal asam ini fungsinya sebagai cocolan lauk pauk. Lawan yang paling cocok adalah ikan bakar. Kebetulan istri saya beli ikan Nila, jadi pas sekali jika dipasangkan dengan sambal asam. Penasaran dengan resepnya? Yuk kita eksekusi 😀👌.

Bahan – bahan :
– Asam jawa 3 sendok makan
– Cabe rawit 20 buah
– Bawang merah 5 siung
– Terasi 1 potong
– Garam secukupnya

Cara Membuatnya :
– Larutkan asam jawa dengan 1/2 gelas air masak.
– Potong cabe rawit dan bawang merah.
– Panggang terasi hingga masak.
– Masukkan potongan cabe rawit, bawang dan terasi ke dalam larutan air asam, lalu di ulek kasar hingga tercampur rata.
– Beri garam secukupnya lalu koreksi rasa.
– Sambal asam siap dihidangkan.

 

Baca juga : Wisata Sehari, dari Tebing Lamreh hingga Puncak Geurutee

Bahan sambal asam


Air asam


Air asam

Nila Bakar

Ikan nila sangat populer di Indonesia.  Ikan air tawar yang berasal dari Afrika ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita. Ikan nila mudah dipelihara, cepat berkembang biak dan juga mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Meski kehadirannya mengancam ikan-ikan endemik sungai dan danau di Indonesia, ikan nila tetap dibudidayakan, termasuk di danau Toba.

Ikan nila danau Toba mudah kita dapatkan di Medan. Hampir semua pajak (sebutan pasar di Medan) menjual ikan nila danau Toba. Harga perkilo kisaran Rp.30.000,- sampai Rp. 40.000,-. Olahan ikan nila yang paling saya suka adalah ikan nila bakar. Mengolahnya sederhana saja. Supaya baunya tidak terlalu amis, kami menaburi ikan nila yang telah dibersihkan dengan air jeruk nipis. Untuk bumbunya, kami hanya memberi olesan mentega yang telah dicampur dengan kecap manis.

Ikan Nila Bakar

Baca juga : Sambal Andaliman, Pedas Manggalittir

Selamat Makan

Menu nila bakar dengan sambal asam memang mantap.  Ikan nila bakar yang gurih, dicocolkan ke dalam sambal asam. Rasa gurih, asam dan pedas,  langsung maknyus di mulut. Kalau sudah begini, makan bisa nambuh-nambuh.

Hidangan sambal asam dan ikan Nila Bakar

Menu sederhana ini bisa disesuaikan loh, jadi bagi yang suka pedas, cabenya bisa dikurangi. Jika tidak ada ikan nila, bisa juga kok dengan ikan laut atau ikan lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?🙏😀

Minggu, 05 Juli 2020

” Di masa normal baru, tetap jalankan protokol kesehatan “

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger




 



Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131