Kari ayam dalam belanga
Untuk disantap di siang hari
Sangatlah sedap si Roti Jala
Makanan khas Melayu Deli

Ahoii.. sahabat lasak, rasanya senang sekali kalau diajak makan-makan. Apalagi bisa langsung melihat cara pembuatannya. Selain perut kenyang, kita juga dapat resep untuk coba di rumah. Seperti cerita lasak kali ini, saya dan Ricky dapat kehormatan untuk berkunjung ke rumah kak Siska Hasibuan. Beliau ini seorang dosen, blogger, youtuber dan juga salah satu penggiat kuliner Medan dengan brand  Mumu Butikue. Di sela-sela kesibukannya yang super padat, dia juga menyempatkan waktu untuk menginvetarisir resep makanan Melayu warisan nenek moyang. Konon sudah ada 23 resep masakan Melayu yang akan kembali dipopulerkan. Salah satunya adalah Roti Jala.

roti jala

Roti Jala

Bagi orang-orang Melayu dulu, roti jala sangatlah populer, khususnya di kota Medan. Makanan gurih berbahan utama terigu dan telur ini bentuknya memang seperti jala nelayan. Roti jala disuguhkan dengan kuah kari, baik kari ayam maupun kari kambing. Biasanya roti jala selalu ada pada acara-acara adat, hari raya dan juga acara keluarga. Sayangnya saat ini hidangan roti jala sudah jarang terlihat. Wajar saja jika anak muda sekarang lebih mengenal makanan Korea dibandingkan makanan Melayu ini.

Baca juga : Wisata Sabang Bareng Kak Denisa & Family

Roti Jala ala Mumu Butikue

Saya mengenal kak Siska Hasibuan di Komunitas Blogger Sumut. Kebetulan beliau sedang ada acara sharing secara online dengan Komunitas Bakulan yang ada di Bandung, namanya Dapur Binangkit. Pesertanya dari seluruh Indonesia loh. Pada kesempatan ini giliran kak Siska mempraktikkan cara membuat roti jala, lengkap dengan kari ayamnya. Saya dan Ricky pun turut andil mendokumentasikan kegiatan tersebut untuk konten di youtube channel Kaki Lasak TV. Kamu bisa nonton hasilnya di link ini ya : Kuliner Medan Roti Jala – Mumu Butikue

roti jala

Acaranya cukup seru karena ada beberapa peserta yang praktik langsung secara onlineNah, saat yang kami tunggu-tunggu pun tiba. Roti jala dan kari ayam telah siap untuk dihidangkan. Sebagai “tamu”,  kami berkesempatan mencoba rasa masakan Melayu ala Mumu Butikue ini.

roti jala

> Kalau mau resepnya, bisa langsung menghubungi beliau di IG Mumu Butikue

Kalau warna roti jala biasanya kuning, kali ini kak Siska membuat roti jala warna warni ala pelangi. Tentu tampilannya lebih menarik karena lebih berwarna. Kami makin semangat menyantapnya. Hmn… rasanya memang mantap. Perpaduan roti jala dengan kari ayam memang memberikan rasa gurih yang khas. Kalau kata orang Medan, roti jala ini rasanya lemak dan sedap. Tanpa malu-malu kami menyantapnya sampai kenyang.

Baca juga : Hasnah Kuliner Sudah Hadir di Medan

roti jala

Kuliner Melayu sebagai salah satu pilar penopang kebudayaan Indonesia,  wajib kita lestarikan, supaya tetap subur di tengah masyarakat kita. Buat kamu yang di Medan, mungkin bisa juga berkunjung seperti kami ke Mumu Butikue yang ada di jalan Jemadi, no 237C, Pulo Brayan Darat II, kota Medan. Selain roti jala, ada berbagai makanan dan juga minuman yang bisa kita coba dan jadikan oleh-oleh khas Medan.

Sahabat lasak, “Takkan Hilang Melayu di Telan Zaman”. Tetap sehat supaya kita bisa makan-makan enak.

Minggu, 02 Mei 2021

” Di masa normal baru, tetap jalankan protokol kesehatan “

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131