Hallo sahabat lasak, apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu ya. Karena nikmat sehat sangatlah berharga. Cerita lasak kali ini bukan tentang jalan-jalan atau kuliner, tetapi tentang penyakit yang sering disebut dengan Turun Berok atau dalam dunia medis bernama Hernia.

Beberapa waktu lalu, customer Kaki Lasak Travel membatalkan bookingan tripnya karena yang bersangkutan sakit hernia hingga kesulitan berjalan. Awalnya saya tidak percaya karena baru jumpa beberapa hari yang lalu tampak sehat. Hingga akhirnya beliau menunjukkan surat keterangan hasil diagnosis dokter untuk menjalani operasi.

hernia

Source Gambar

Saya pun jadi penasaran dengan penyakit hernia ini, apa sih penyebab dan gejalanya? Yuk kita check!!!

Penyakit Hernia

Hernia atau turun berok adalah penyakit yang ditandai dengan adanya benjolan pada organ tubuh. Tonjolan ini terjadi ketika bagian dalam tubuh menekan bagian otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah. Pada umumnya hernia terjadi di daerah perut dan pangkal paha. Hernia pada daerah perut terjadi ketika usus menerobos sampai ke dinding perut. Meski umumnya penyakit hernia tidak sampai mengancam jiwa, tetapi penyakit ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi yang bisa membahayakan jiwa.

Baca juga : Nyobain Korean Food di MAJ Haji Mahmud Medan

Penyebab dan Gejala Hernia

Secara umum hernia terjadi akibat kelemahan otot atau kombinasi tekanan dan bukaan. Tekanan ini dapat mendorong organ atau jaringan melewati otot tubuh yang melemah tersebut. Penyakit hernia dapat terjadi di segala usia. Dari bayi yang baru lahir hingga orang tua.

Berbagai hal terkait dengan peningkatan tekanan pada perut bisa menyebabkan hernia kambuh, diantaranya mengangkat beban yang terlalu berat, sering mengejan akibat sembelit, batuk dan bersin yang terus menerus, gizi buruk hingga obesitas. Gejala  hernia yang paling umum adalah munculnya benjolan pada bagian yang terinfeksi. Misalnya pada dua sisi tulang kemaluan. Penderita akan merasa tidak nyaman pada bagian yang terinfeksi tersebut, perut terasa berat dan akan merasa sakit jika dalam kondisi membungkuk atau batuk.

Jika terdapat gejala Hernia, kamu dapat memastikannya dengan memeriksaan fisik ke dokter. Biasanya akan dilakukan pemeriksaan dengan alat uji USG, CT Scan dan MRI.

Pentingnya Menjaga Kesehatan

Di masa pandemi covid19 sekarang ini, kita harus menjaga imun tubuh agar selalu sehat. Berbagai upaya dilakukan supaya imun kita kuat, seperti makan makanan bergizi, cukup istirahat, rutin berolahraga, banyak minum air putih, tidak merokok, tidak minuman beralkohol, dan menghindari stress.

Untuk menjaga kesehatan, ada satu hal yang tak boleh kita lupakan,  yaitu  medical check up secara berkala. Hal ini penting guna mengetahui kondisi terkini kesehatan kita. Dulu, untuk medical check up, kita harus meluangkan waktu dan tenaga mendatangi rumah sakit atau tempat praktek dokter. Dengan kemajuan teknologi, sekarang kita bisa melakukannya melalui gawai yang kita punya. Halodoc adalah jawabannya. Sebuah aplikasi kesehatan yang bisa kamu download melalui playstore pada ponsel kamu.

Baca juga : Menyapa Perbukitan Samosir Bersama Tim Kakilasak TV

Tentang Halodoc

Halodoc merupakan platform aplikasi kesehatan. Pada aplikasi ini kamu bisa berkonsultasi dengan dokter. Halodoc dibuat oleh Jonathan Sudharta dengan nama PT. Media Dokter Investama pada tahun 2016. Halodoc hadir menjawab tantangan kebutuhan informasi kesehatan di masa sekarang. Dengan aplikasi ini kita bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus meninggalkan rumah. Tentu saja dengan aplikasi ini kita bisa lebih hemat waktu dan biaya.  Pada aplikasi Halodoc tersedia berbagai fitur yang diperlukan penghuna, yaitu fitur : chat dokter, beli obat, buat janji dengan dokter, cek laboratorium di rumah, serta informasi Seputar kesehatan  terupdate. Menarik bukan?

hernia

Sahabat lasak, sudah 1 tahun covid 19 hadir di Indonesia. Dan sampai hari pendemi covid19 belum juga berakhir. Meski banyak yang sudah mulai beraktifitas di luar rumah, tapi janganlah kita lengah. Kita harus menjaga protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kita.

Rabu, 03 Maret 2021

” Di masa normal baru, tetap jalankan protokol kesehatan “

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131