Siapa sangka, perjalanan dari Medan ke Berastagi yang idealnya selama 2 jam, harus kami tempuh selama 7 jam. Luar biasa bukan? rupanya ada truk kayu yang tergelincir sehingga kayunya jatuh bergelimpangan di jalanan. Inilah yang menyebabkan jananan macet parah. Inilah cerita lasak kami kali ini, sebuah perjalanan yang penuh kesabaran dan perjuangan. Demi ke sebuah tempat wisata yang bernama Pemandian Air Panas Pariban Brastagi, berlokasi di kawasan pemandian air panas Sidebuk-debuk, desa Semangat Gunung, Berastagi, kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Sidebuk-debuk Berastagi

Berastagi adalah sebuah kota sejuk yang berada di dataran tinggi Tanah Karo. Sejak dulu kota ini memang sudah menjadi  tempat wisata. Lokasinya yang tidak jauh dari kota Medan, membuat kota ini selalu ramai dikunjungi, terutama di akhir pekan. Banyak sekali lokasi wisata di Berastagi, seperti Bukit Gundaling, Bukit Kubu, Taman Lumbini, Madu Efi, dan tentu saja Sidebuk-debuk atau dikenal juga dengan sebutan Lau Debuk-debuk.

Sidebuk-debuk adalah kawasan wisata pemandian air panas yang berada di kaki gunung Sibayak. Aliran air panas belerang bersumber pada gunung berapi tersebut. Oleh warga setempat aliran air panas belerang dikelola menjadi kolam-kolam pemandian yang dibuka 24 jam. Semakin lama kawasan ini selalu berbenah dan semakin banyak pilihan. Sekarang sudah banyak lokasi yang keren dan kekinian, salah satunya adalah Pariban Hotspring.

Pariban Brastagi

Source : Pariban Hotspring

Pemandian Air Panas Pariban

Pemandian air panas Pariban lokasinya paling ujung. Jadi gak susah mencarinya. Pemandian ini sudah buka sejak tahun 2010, tetapi baru dua tahun ini populer. Mungkin karena sekarang di kawasan Pariban banyak banyak tempat berfoto yang instagramable. Pariban mempunyai konsep pemandian kolam terbuka.  Ada lima buah kolam air panas yang bisa kita pilih. Tiap kolam tingkat kehangatannya berbeda. Areanya juga cukup luas. Sambil berendam, kita bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Pariban Brastagi

Source : Sumutscenery

Selain kolam pemandian air panas, di Pariban juga tersedia Gazebo, Penginapan dan Restoran. Fasilitas di Pariban juga sudah lengkap, seperti tempat parkir yang luas, tempat mandi air tawar, tempat ganti baju serta mushalla. Oiya, di Pariban juga  ada Water Boomnya loh.

Baca juga : Kuliner Medan Roti Jala ala Mumubutikue

Tiket Masuk dan Fasilitas

Berikut ini informasi  tiket masuk dan harga beberapa fasilitas yang berhasil kami himpun, yaitu :

  • Tiket masuk kawasan Sidebuk-debuk : Rp. 3.000,-/orang
  • Parkir di Pariban : Rp. 15.000,- /mobil
  • Tiket masuk Pariban weekend : Rp. 20.000,-/orang
  • Sewa Gajebo : Rp. 100.000,- /5 -6 jam
  • Penginapan : range Rp. 500.000,- 1.200.000,-
  • Restoran : harga makan start Rp. 22.000,-

Semoga harga ini benar ya (CMIIW)

Rute Ke Pariban

Sahabat lasak,  rute perjalanan kami dari Medan ke Pariban mengambil rute : Medan – Sibolangit – Berastagi. Patokan simpang menuju Sidebuk-debuk adalah pos Polisi atau simpang desa Doulu. Sudah ada kok plank nama Hotspring Sidebuk-debuk. Dari simpang ini perjalanan kurang lebih sejauh 1 kilometer lagi. Dari info peta  Google, jarak Medan – Pariban adalah 71 km dengan waktu tempuh perjalanan berkendara selama kurang lebih 2 jam 28 menit.

Click Here – Google Map Route

Pariban Brastagi

Baca juga : Wisata Sabang Bareng Kak Denisa & Family

Perjalanan Seru Kami

Kami termasuk yang ketinggalan datang ke Pariban, padahal gak terlalu jauh dari Medan. Tapi seperti yang saya ceritakan di awal, kami terkena macet panjang. Perkiraan kami tiba pukul 2 siang, alhasil sampai lokasi pukul 7 malam. Kondisi pun hujan runtik. Jadi begitu sampai, kami langsung berfoto, makan malam, lalu pulang.

Pariban Brastagi


Pariban Brastagi

Sahabat lasak, setiap perjalanan pasti punya cerita. Tidak semua perjalanan sesuai seperti yang kita harapkan. Tapi dari sanalah kita belajar, bahwa tujuan perjalanan bukalah sampai ke tujuan, melainkan perjalanan itu sendiri.

Selasa, 05 Mei 2021

” Di masa normal baru, tetap jalankan protokol kesehatan “

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131