“Mencari ikan di pulau Resam”

“Umpan digantung diatas kawat”

“Sungguh sedap si gulai asam”

“Sampai lupa mertua lewat”

“Ahoiiiiii”

Sahabat lasak, cerita kuliner saya kali ini saat saya berkunjung ke kota Rantauprapat, Labuhanbatu, Sumatra Utara. Ternyata ya, kota yang mempunyai jargon kota Idaman ini mempunyai tempat kuliner yang recommended loh, yaitu  Hasnah Kuliner.  Di tempat makan ini ada berbagai hidangan Melayu yang wajib kamu coba, salah satunya adalah Gulai Asam Ikan Baung.  Penasaran gak sih? 😀

Kota Rantauprapat

Sebagai warga pendatang di Sumatra Utara, saya dulu sempat bingung antara kota Parapat dengan kota Rantauprapat. Kadang harusnya saya sebut Rantauprapat, eh… tertukar jadi Parapat dan sebaliknya. Mungkin karena namanya mirip ya. Tapi sekarang sudah tidak bingung lagi. Parapat adalah sebuah kota wisata yang berada di tepian danau Toba dan berada di kabupaten Simalungun, sedangkan Rantauprapat adalah ibukota kabupaten Labuhanbatu.

Sebagai ibukota kabupaten, kota Rantauprapat cukup berkembang. Kota yang bisa kita tempuh dari Medan selama +- 6 jam dengan kereta api ini, cukup ramai. Di kota ini sudah ada pusat perbelanjaan, kafe, kedai kopi kekinian dan tempat rekreasi. Kota ini merupakan jalur lintas perbatasan Sumatra Utara dengan Riau. Berbagai suku ada di kota ini, seperti suku Batak, Jawa, Melayu, Padang dan Hokian. Di kota ini penduduknya banyak yang bertani buah emas alias sawit. So banyak horang kayah loh hihi.

Hasnah Kuliner

Sebelum saya ke Rantauprapat, beberapa sahabat saya memberi tau agar di sana nanti mencoba kuliner gulai asam ikan baung. Awalnya sih tidak terlalu saya hiraukan, soalnya saya terbiasa hunting kuliner saat on the spot. Tapi ternyata, dari beberapa orang yang saya tanya saat di kota Rantauprapat, hampir semuanya menyebutkan gulai asam ikan baung. Dannn…. tempat makan yang mereka sebutkan adalah Hasnah Kuliner. Jadi, saat makan siang, saya langsung cuss ke sana.

Welcome to Hasnah Kuliner

Hasnah Kuliner berada di jalan Asrol Adam (Samping Perum DPR/ Wira Asri)
Depan Simpang Dewi Sartika
Arah ke Perumnas Kampung Baru, kota Rantauprapat. Untuk sampai ke lokasi gak perlu susah-susah, kita bisa naik becak motor atau transportasi online.

Baca juga : Air Terjun Jodoh, (Bukan) Tempat Mencari Jodoh

Menu di Hasnah Kuliner

Saat saya tiba di Hasnah Kuliner, pengunjung  cukup ramai. Mungkin karena saya datamg saat jam makan siang ya. Setelah dapat kursi, saya langsung disuguhi buku menu. Saya fikir menunya cuma gulai asam baung, ternyata banyak sekali pilihan makanan. Saya sampai bingung memilihnya.

Menu utama makanan di Hasnah Kuliner terdiri dari : ayam, ikan nila, ikan senangin, ikan pari, ikan gembung, ikan baung, cumi, udang, kepiting, kerang, ceker dan lain-lain. Menu masakan yang bisa kita pilih adalah digoreng, dibakar, dimasak tauco, dimasak gulai asam, disambal merah, masak asam manis, masak bumbu cetar dan bumbu tuktuk. Selain itu, ada aneka sayuran seperti kangkung, jamur, terong, genjer dan lain sebagainya. Bingung bukan? Secara enak semua dan kesukaan.

Hidangan Hasnah Kuliner

Tapi saya kembali ke niat awal, yaitu mau mencoba gulai asam ikan baung. Sebagai tambahan, saya juga memesan jamur cetar, aneka lalapan dan sambal. Ini dia gaeess hidangannya 😀

Gulai Asam Ikan Baung

Gulai Asam Ikan Baung. Sengaja saya memilih kepala ikan, karena favorit. Sesuai namanya, masakan ini rasanya asam, pedas dan tentu saja segar. Tidak seperti gulai pada umumnya, gulai asam ini tidak menggunakan santan. Kalau menurut saya, rasanya agak mirip dengan gulai asam keueung khas Aceh dan pindang ikan khas Sumatra Selatan.

Jamur Cetar

Jamur Cetar. Rasanya memang cetar, pedas tapi buat nagih. Jamur yang digunakan adalah jamur sawit. Asli ini enak banget.

Aneka Lalapan

Gak syah dong kalau gak ada lalapan. Lalapannya terdiri dari rebusan daun singkong, labu jipang dan umbut rotan. Saya baru kali ini makan umbut rotan yang direbus. Ternyata rasanya enak juga.

Selain makanan yang saya pesan, saya juga meminta ijin mengambil gambar beberapa hidangan menu yang ada di Hasnah Kuliner, yaitu ayam gulai kampung, tuktuk ikan nila, anyang ayam dan kerang cetar.

Ayam Gulai Kampung

Ayam Gulai Kampung

Tuktuk Ikan Nila

Tuktuk Ikan Nila

Anyang Ayam

Anyang Ayam

Kerang Cetar

Kerang Cetar

Sahabat lasak, saya cukup puas dengan hidangan masakan Hasnah Kuliner. Rasanya pas di lidah saya. Harganya juga terjangkau, harga setiap menu dimulai dari +- 25.000,-. Rumah makan milik kak Hasnah Putri Jaya Siregar, yang dibangun sejak tahun 2017 ini, memang wajib dicoba jika kamu berkunjung ke kota Rantauprapat. Yuk mari merapat 🙏😀

Baca juga : Ayam Pramugari, Ayam Gorengnya Aceh

Mari Makan

Rabu, 26 Agustus 2020

” Di masa normal baru, tetap jalankan protokol kesehatan “

Kaki Lasak : Travel & Food Blogger






Follow Me :
Steemit @kakilasak
Facebook Kaki Lasak
Instagram kaki lasak
Website : kakilasak.com
Youtube : Kaki Lasak Crew
Whatsapp +6282166076131